Jumat, 26 Februari 2016

Pengenalan Tool Lainnya dalam Tool Box Pada Photoshop (Bag 1)

Pengenalan Tool Lainnya dalam Tool Box Pada Photoshop (Bag 1) - Seperti kita ketahui, Adobe Photoshop CS3 memiliki 62 tool yang dapat dipakai oleh pengguna. Diantaranya ada 59 tool yang di gunakan untuk mengedit gambar. Tool - tool tersebut terdiri dari berbagai macam tool dengan kegunaan yang spesifik. Kita sudah membahas 25 tool pada artikel sebelumnya dengan judul "Pengenalan Fungsi Tool Box Pada Photoshop". Kali ini kita akan membahas tool-tool yang tersembunyi dalam tool lain yang muncul apabila kita menekan salah satu tool dalam Tool Box yang bertanda segitiga kecil hitam.

Tool tersebut adalah :

Marquee Tool (M)



Ada empat macam bentuk, yaitu:
1. Rectangular Marquee Tool: Untuk membuat seleksi berbentuk kotak persegi empat.
2. Elliptical Marquee Tool: Untuk membuat seleksi bentuk lingkaran seperti menyeleksi lingkaran mata, ban mobil dan objek lain.
3. Single Row Marquee Tool: Untuk membuat seleksi garis horisontal.
4. Single Colomn Marquee Tool: Untuk membuat seleksi garis vertikal.
Dan pada pengaturannya kita dapat mengeluarkan Option pada menu window, berikut tampilannya.

Marquee Tool

Lasso Tool (L)

Lasso Tool



Ada 3 macam bentuk, yaitu : 
1. Lasso Tool : Untuk membuat seleksi obyek dalam bentuk bebas.
2. Polygonal Lasso Tool : Untuk menyeleksi objek dengan bentuk bebas bersudut, alat ini membentuk seleksi melalui titik-titik point yang dibuat dengan menggunakan klik kiri mouse. Alat ini juga dapat digunakan untuk memotong dan mengubah background foto.
3. Magnetic Lasso Tool : Digunakan untuk menyeleksi objek dengan bentuk bebas, cara kerja alat ini adalah menempel pada tepi objek yang akan dipotong ketika mouse bergerak mengelilingi tepian objek, selama proses seleksi alat ini membentuk titik-titik penghubung seleksi.

Dan pada pengaturannya kita dapat mengeluarkan Option pada menu window, berikut tampilannya dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool.

lasso tool

Magic Wand Tool  



Ada 2 macam bentuk, yaitu:
1. Quick Selection Tool: Untuk membuat seleksi berdasarkan warna yang sama
2. Magic Wand Tool: Untuk menyeleksi satu jenis warna (warna solid) pada foto. Alat ini dapat menyeleksi dengan pengaturan nilai tolerance atau nilai cakupan warna, semakin besar nilai tersebut maka semakin luas cakupan warna yang di seleksi.
Perbedaan toleransi warna dapat diatur pada tool option bar, kita dapat mengeluarkan Option pada menu window, berikut tampilannya dengan menggunakan Magic Wand Tool.

magic wand tool

Slice Tool 

Slice Tool


Ada 2 macam bentuk, yaitu:
1. Slice Tool: Untuk kebutuhan website dengan cara memotong hasil desain yang telah dibuat di Photoshop menjadi potongan yang lebih kecil.
2. Slice Select Tool: Digunakan untuk memilih potongan pada sebuah desain yang telah dipotong sebelumnya dengan menggunakan slice tool.

Healing Brush Tool

Healing Brush Tool



Ada 4 macam bentuk, yaitu:
  1. Spot Healing Brush Tool: Untuk menghapus noda pada sebuah foto ataupun gambar, alat ini juga biasanya digunakan untuk menghilangkan noda di wajah ataupun menghilangkan jerawat diwajah.
  2. Healing Brush Tool: Digunakan untuk mengecat/melukis image dengan pola atau sample tertentu. Cocok untuk memperbaiki image yang agak rusak.
  3. Patch Tool: Digunakan untuk mengecat/melukis pada area tertentu image dengan pola (pattern) atau sample tertentu. Cocok untuk memperbaiki/edit image yang rusak.
  4. Red Eye Tool: Untuk menghilangkan warna merah pada mata akibat dari pantulan cahaya kamera.
  5. Dan pada pengaturannya kita dapat mengeluarkan Option pada menu window, berikut tampilannya dengan menggunakan Red Eye Tool.

Brush Tool

Brush Tool



Ada 3 macam bentuk, yaitu:
1. Brush Tool: Untuk melukis foto atau gambar dengan goresan kuas berdasarkan warna depan (foreground color) yang telah dipilih.
2. Pencil Tool: Untuk menggambar atau mewarnai dengan goresan pencil
3. Color Replacement Tool
Dan pada pengaturannya kita dapat mengeluarkan Option pada menu window, berikut tampilannya dengan menggunakan Brush Tool.

brush tool

Stamp Tool 

Stamp Tool



Ada 2 macam bentuk, yaitu:
1. Clone Stamp Tool: Untuk mengambil sample dari sebuah area gambar kemudian mengkloning/menerapkan sample tersebut untuk dilukiskan diatas area foto lain berdasarkan sample foto yang diambil.
2. Pattern Stamp Tool: Untuk melukis image dengan menggunakan pola tertentu sesuai dengan pola yang dipilih pada option bar.

History Brush Tool 

History Brush Tool



Ada 2 macam bentuk, yaitu:
1. History Brush Tool: Untuk menormalkan gambar yang telah mengalami perubahan menggunakan snapshot atau state history dari Image.
2. Art History Brush Tool: untuk melukis image menggunakan snapshot atau state history dari image, dengan model artistik tertentu.
Untuk Pengaturannya menggunakan Brush Tool, sehingga pilihan Option-nya sama.

Eraser Tool 

Eraser Tool


Ada 3 macam bentuk, yaitu:
1. Eraser Tool: Untuk menghapus gambar yang tidak kita inginkan dalam sebuah layer.
2. Background Eraser Tool: Untuk menghapus foto atau gambar sehingga menghasilkan layer transparant pada bagian foto atau pada area yang dihapus.
3. Magic Eraser Tool: Untuk menghapus area tertentu dari sebuah foto atau gambar yang memiliki warna yang serupa (satu warna solid) menjadi transparan dengan satu kali klik pada area warna tersebut. Bisa dimanfaatkan untuk menghapus background satu warna.
Untuk Pengaturannya menggunakan Brush Tool, sehingga pilihan Option-nya sama.

*Bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar