Senin, 07 Maret 2016

Mengenal Palet Photoshop

Mengenal Palet Photoshop - Sebelum membahas dan menjelaskan macam palet yang ada pada photoshop, akan lebih baik kita mengerti dulu arti dari palet. Palet adalah bagian yang berisi informasi-informasi dari dokumen yang aktif atau beberapa perintah-perintah untuk memanipulasi objek gambar atau teks di dokumen.

Ada beberapa jenis palet yang sering digunakan dalam program adobe Photoshop untuk mendukung fungsi toolbox sesuai desain yang kita inginkan. Untuk memunculkan palet di area kerja Photoshop, anda bisa klik di menu Window dan pilih palet yang diinginkan (yang sudah ada tanda centang berarti Palet tersebut sudah aktif dan berada di area kerja Photoshop). Misalnya jika anda menggunakan Text Tool (untuk mengetik), maka spesifiksi hurufnya bisa dilihat di Palet Character, dan anda bisa mengganti huruf/font, size font dan warna font dsb, dsb dari Palet Character tersebut.

Inilah beberapa palet yang terdapat pada photoshop. 

Palet Navigator

Mengenal Palet PhotoshopPalet ini untuk mengatur persentase ukuran tampilan gambar dalam dokumen aktif, yaitu dengan cara menggeser slider Zoom, mengklik tombol Zoom Out dan Zoom in, atau mengetikkan ukuran persentase gambar pada kotak Zoom. Pada bagian “Ukuran persentase” anda bisa mengetik spesifik ukuran zoom yang anda butuhkan, misalnya 100%, 200%, hingga 3200%. Anda juga bisa mengklik bagian icon gunung kecil atau pada bagian “zoom out” untuk memperkecil persentase pengecilan view gambar pada area kerja, atau “Zoom in” untuk memperbesar view pada image editor/area kerja.


Palet Histogram

Mengenal Palet PhotoshopPalet ini untuk berist informasi tonal warna yang dimiliki sebuah gambar. Selain itu juga memiliki fungsi memberikan informasi mengenai grafik histogram, atau grafik kecenderungan kompensasi pencahayaan (gelap terang). Apabila grafik dominan di kiri berarti cenderung underexposure (kurang cahaya), sedangkan apabila semakin ke kanan berarti cenderung overexposure (kelebihan cahaya). Posisi di tengah adalah pencahayaan yang paling tepat.

Palet Info

Mengenal Palet PhotoshopPalet ini untuk berisi informasi-informasi posisi mouse dalam dokumen, nilai-nilai warna, ukuran area gambar yang terseleksi, dan ukuran file dokumen. serta memberikan informasi yang spesifik mengenai komposisi warna RGB dan CMYK pada area-area tertentu. Pengaktifannya adalah dengan menggerakan dan menempatkan kursor mouse pada area gambar yang diinginkan.






Palet Color

Mengenal Palet Photoshop
Palet ini untuk mengganti warna foreground atau background dengan cara mengklik kotak foreground/background, kemudian geser slider- slider untuk memilih warnanya.







Palet Swatches

Mengenal Palet Photoshop
Palet ini berfungsi untuk mengganti warna foreground atau background dengan cara mengklik kotak warna untuk memilih warna foreground atau tekan Ctrl dan klik kotak warna untuk memilih warna background.







Palet Styles

Mengenal Palet Photoshop
Palet ini berfungsi untuk memilih dan memasang style pada objek gambar atau layer yang terpilih.






Palet Layers

Mengenal Palet Photoshop
Palet ini berisi tumpukan layer yang berisi objek gambar atau teks, atau lapisan transparan yang memuat objek gambar atau teks. Palet ini juga dilengkapi dengan banyak fasilitas dan tombol perintah untuk memanipulasi layer.







Palet Channels

Mengenal Palet Photoshop
Palet ini berisi deretan layer yang memuat channel-channel warna pembentuk gambar.






Palet Paths

Mengenal Palet Photoshop
Palet ini berisi deretan layer yang berisi objek-objek path yang terdapat dalam dokumen.




Palet History

Mengenal Palet Photoshop
Palet ini menyimpan semua perinlah yang telah dikerjakan. Salah satu fungsi yang sering digunakan dalam palet int adalah perintah untuk membatalkan perintah yaitu dengan cara mengklik item perintah yang akan dibatalkan.





 

Palet Actions

Mengenal Palet Photoshop
Palet ini berfungsi untuk merekam, memainkah, mengubah, serta menghapus sederetan aksi atau perintah yang sedang dikerjakan saat memanipulasi objek gambar atau teks dalam jendela dokumen.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar