Sabtu, 05 Maret 2016

Ukuran Foto Dan Hubungannya Dengan Resolusi Kamera


Ukuran Foto Dan Hubungannya Dengan Resolusi Kamera - Bagi anda yang ingin mencetak foto tentu anda akan menyebutkan ukuran foto untuk melakukan pencetakan foto. Secara umum ukuran foto ada 2 yaitu pas foto dan ukuran R. Ukuran pas foto biasanya untuk ditempelkan didokumen sehingga biasanya pas foto berukuran kecil. Sedangkan ukuran seri R sendiri adalah seri yang telah ditetapkan oleh standar internasional ISO untuk melambangkan ukuran foto atau ukuran yang berhubungan dengan cetak foto. Namun banyak sekali orang yang belum mengetahui ukuran tepatnya untuk jenis ukuran R ini, karena memang jarang sekali digunakan kecuali hanya untuk ukuran kertas foto.

Berbagai macam ukuran foto yang akan dijelaskan pada tulisan kali ini adalah ukuran standar foto yang biasa saya pakai sehari-hari. Tujuan mengetahui berbagai macam ukuran foto ini agar kita tidak bingung untuk mencetak foto yang ideal sesuai keinginan kita.

Ukuran Pas Foto


Ukuran R


Hubungan Resolusi dengan Ukuran Foto

Ukuran resolusi mempengaruhi ukuran foto yang harus kita cetak.  Misal jika anda mengambil foto dengan kamera 1.5 MP cocok atau bagus dicetak jika berukuran 3R.  Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

Seperti kita ketahui bahwa tap-tiiap ukuran foto memiliki resolusi yang berbeda-beda karena resolusi mempengaruhi ketajaman dan kualitas gambar/foto. Oleh karena itu alat atau kamera yang digunakan mempengaruhi kualitas cetakan karena tiap pixel kamera memiliki resolusi yang berbeda.  Apakah anda pernah mendengar satuan 300 dpi, 600 dpi atau 1200 dpi? dpi adalah dot per inchi artinya tingkat kerapatan dari titik-titik tersebut dalam suatu satuan ukuran inchi (1 inchi = 2,54cm).  Terkait dengan dpi tersebut maka kita dapat menentukan ukuran foto yang cocok untuk dicetak berdasarkan resolusi kameranya.  Misalnya begini, pada umumnya semua foto dan printer memakai 300 dpi.  Misal kita akan mencetak foto 3R, berdasarkan postingan sebelumnya ukuran foto 3R yaitu  8,9 x 12,7 cm.  Maka :
(8,9 cm : 2,54) x 300     dpi = 1051
(12,7 cm :2,54) x 300    dpi = 1500
Maka resolusi kameranya adalah 1051 x 1500 atau kamera 1,5 MP.
Jadi kamera dengan resolusi 1,5 MP sangat cocok di cetak fotonya dengan ukuran 3R jika di cetak lebih dari 3R maka ketajaman fotonya berkurang.

Nah untuk memudahkan anda dalam menentukan resolusi yang cocok untuk ukuran foto saya menyediakan daftarnya sehingga anda tidak perlu menghitung-hitung seperti yang saya lakukan di atas.


Demikian informasi mengenai resolusi yang cocok untuk setiap ukuran foto yang akan dicetak.  Sehingga anda dapat mencetak hasil dokumentasi anda secara tepat sehingga hasilnya akan memuaskan, selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar